Dinas Kehutanan Jateng Apresiasi Penanaman Pohon Mangrove oleh DLH Kendal

KENDAL, Lingkarjateng.id – Kepala Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah Wilayah IV, Gunawan, mengapresiasi kegiatan penanaman mangrove yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kendal.

“Karena mangrove ini sangat berfungsi untuk melindungi dari abrasi dan rob, juga dapat mengurangi gas emisi efek rumah kaca,” ujarnya.

Selain itu, menurut Gunawan, pohon mangrove juga dapat diolah menjadi bahan makanan seperti roti, dodol dan sirup. Sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menunjang perekonomian keluarga.

“Kami juga akan melakukan pendampingan, terkait pengelolaan, penanaman dan penyuluhan,” tambah Gunawan.

Pihaknya berpesan, masyarakat dapat membantu dalam proses pemeliharaan serta pelestarian pohon mangrove.

“Kami minta kepada masyarakat untuk bersama-sama dalam menjaga hutan mangrove ini, karena ini tugas kita bersama bukan hanya instansi terkait saja,” pesannya.

Sementara, Kepala DLH Kendal menerangkan penanaman mangrove di pesisir Pantai di Dusun Pilangsari, Kecamatan Patebon, ini juga sebagai upaya mendukung upaya untuk menjadikan pantai Pilangsari menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Kendal.

“Pilangsari nanti akan jadi ikon baru untuk destinasi wisata air. Nanti akan kita sajikan wisata air menelusuri dan hutan mangrove,” beber Aris. (Lingkar Network | Arvian Maulana – Lingkarjateng.id)

Similar Posts