Jelang Pensiun, 454 ASN di Kendal Terima Pembekalan

KENDAL, Lingkarjateng.id  – Sebanyak 454 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal terima pembekalan menyongsong masa purna tugas pada tahun 2025 di Pendopo Tumenggung Bahurekso setda Kendal, Rabu (5/6).

Hadir dalam kegiatan, Sekda Kendal Sugiono, Kepala BKPP Kendal Abdul Basir, Gus Taufik Ibnu Ubaidillah sebagai narasumber dan peserta pembekalan.

Kepala BKPP Kendal, Abdul Basir mengatakan, kegiatan pembekalan dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 5 sampai 6 Juni 2024.

“Pada peserta pembekalan kelompok pertama ada sebanyak 281, dan besok itu ada 173 peserta, jadi kita bagi dua,” ujar Abdul Basir.

Untuk materi pembekalan, lanjut Basir, pihaknya memberikan materi terkait rohani dan jasmani kepada para ASN yang akan purna tugas ketika nantinya mereka akan menghadapi atau menjelang purna tugas.

“Sehingga para ASN yang purna tugas, diharapkan tetap sehat dan bahagia, dan teman-teman yang purna itu bisa menyiapkan dirinya jadi tidak kaget,” lanjutnya.

Sementara, Sekda Kendal Sugiono, menyampaikan purna tugas adalah hal yang pasti dan akan dialami oleh semua ASN yang terkadang menjadi hal yang tidak mudah untuk dikelola oleh sebagian ASN manakala tidak ada kesiapan sebelumnya.

Ia menyampaikan meskipun purna tugas bukan berarti hal itu akan menghentikan seseorang untuk terus berkarya dan berinovasi.

“Masa pensiun bukan akhir dari proses aktivitas dan kreativitas, otak harus terus dirangsang untuk terus berfikir dan berfikir. Pengabdian tidak berhenti hanya karena kita memasuki purna tugas setelah masa pensiun, semangat dan optimisme harus tetap menyala, kontribusi seorang pensiunan justru semakin nyata dan diperlukan pada saat terjun dalam kehidupan bermasyarakat,” jelasnya.

Dirinya berpesan, ada empat hal yang harus dilakukan ketika memasuki purna tugas, yakni pertama bagaimana agar bisa tetap beraktivitas, kedua bagaimana agar bisa mengelola keuangan dengan baik, ketiga agar selalu mengikuti kegiatan sosial, dan keempat agar selalu menjaga kesehatan.

Ditambahkan, ASN yang akan purna tugas diharapkan untuk mempersiapkan diri dalam menyambut masa pensiun, beradaptasi dengan aktivitas baru, senantiasa menjaga gaya hidup sehat, dan tetap mengabdi di lingkungan masyarakat serta menjaga tali silaturahmi.

“Saya mengharapkan agar Aparatur Sipil Negara calon purna tugas yang telah selesai mengikuti kegiatan pembekalan ini mendapatkan manfaat dan meningkatkan motivasi menjelang masa purna tugas agar dapat berbuat lebih banyak lagi dan bermanfaat bagi keluarga dan lingkungan sekitar,” pungkas Sekda. (Lingkar Network | Arvian Maulana – Lingkarjateng.id)

Similar Posts