Disnaker Kendal Buka Job Fair Mini untuk Tekan Angka Pengangguran

KENDAL, Lingkarjateng.id – Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Kendal menggelar Job Fair Mini di Pendopo Bahurekso, Senin (4/6), untuk menekan angka pengangguran.

Acara tersebut dibuka oleh  Bupati Kendal Dico Ganinduto. Ia mengapresiasi Job Fair Mini tersebut karena acara tersebut bisa menyerap SDM yang ada di Kabupaten Kendal.

Dico juga menambahkan bahwa dengan berkembangnya industri di Kendal, target utama Pemerintah Kendal bukan untuk menaikan pendapatan asli daerah, tapi membuka lapangan pekerjaan yang luas bagi masyarakat Kabupaten Kendal.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa sekalipun dirinya menjadi Bupati Kendal, ia tak bisa serta-merta memaksa atau mewajibkan para pelaku usaha untuk hanya merekrut warga Kendal saja karena hal tersebut  bertentangan dengan undang-undang.

Maka dari itu,  ia bersama Disperinaker berinovasi membuat program Kendal Karier, yang bekerja sama dengan Kementrian Perindustrian, serta pihak swasta yaitu  Kawasan Industri Kendal dan seluruh pelaku usaha industri di Kabupaten Kendal.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Kendal Cicik Sulastri, menyatakan bahwa penurunan angka pengannguran di Kabupaten Kendal sangat signifikan. Seperti pada tahun 2022 angka pengangguran berada di  angka 7,34 %, sedangkan di tahun 2023 menjadi 5,76%, sehingga terjadi penurunan 1,58%.

“Alhamdulillah ini ada penurunan cukup signifikan, kalau di tahun 2022, kita 7, 34%, kemudian di tahun 2023 dengan berbagai langkah upaya yang kita lakukan turun menjadi 5,76%, jadi turun 1,58%, kalau diangkakan ini turun berkisar 5012 orang angka pengangguran yang bisa bekerja di Kabupaten Kendal,” ujarnya. (Lingkar Network | Syahril Muadz – Lingkarjateng.id)

Similar Posts