Dispertan Kendal Beri Sosialisasi Budidaya Tanaman Aren di Limbangan

KENDAL, Lingkarjateng.id – Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kabupaten Kendal menggelar Sosialisasi Budidaya Tanaman Aren, di Balai Penyuluhan Pertanian, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, pada Senin, 23 Oktober 2023. Hal ini, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya genetik.

Kepala Bidang Perkebunan Dispertan Kendal, Gunadi mengatakan bahwa, tujuan dilaksanakan sosialisasi ini yakni memberikan informasi sekaligus pembekalan untuk petani aren di Kecamatan Limbangan.

“Bahwasanya tanaman aren ini merupakan tanaman unggulan untuk komoditas perkebunan setelah tembakau dan kopi,” kata Gunadi.

Menurutnya, sejauh ini populasi tanaman aren di Kendal cenderung menurun karena banyak yang ditebang dan tidak direhabilitasi.

Dispertan Kendal Beri Pembinaan dan Pengawasan Petani Gula Aren

“Sehingga kami berharap, dengan adanya pertemuan hari ini petani aren di Kecamatan Limbangan khususnya, bisa merawat dan melestarikan aren, sehingga produk-produknya bisa dirasakan oleh masyarakat, karena komoditas ini khas Limbangan,” tuturnya.

Sementara itu, Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kendal Fraksi PKB, Muhammad Iqbal berharap, dengan adanya sosialisasi ini para pembudidaya gula aren ini lebih teredukasi dalam membudidayakan gula aren.

“Sehingga para petani gula aren ini bisa berkembang dan lebih maju lagi,” harapnya. (Lingkar Network | Arvian Maulana – Koran Lingkar)

Similar Posts